1 Mei 2011

AJARKAN MEREKA FILOSOFI BERSERAGAM

Aa_kaslan
 
Aku tulis sajak ini untuk derita negri yang kian hari pendidikannya seakan menjadi dunia orang-orang beruang saja
Karena hari ini adalah hari pendidikan
Dikampungkampung
Didesadesa
Dijembatanjembata
Ditrotoartrotoar
Terlalu banyak anak kecil tanpa baju pendidikan
Saat ditanya,kemiskinanlah jawabannya
Sakit hati ini mendengarnya dari wajah kusam nan mata cekung itu
Setiap hari,hanya pendidikan alam dari matanya sendiri saja yang ia dapatkan
Tak menghiraukan malam
Tak menggiraukan siang
Dingin dan panas layaknya wejangan
Meski aku bukan mereka,aku bisa merasakan apa yang mereka rasakan saat harus bertemu anak seumurannya berseragam dengan senyum mungil dibibirnya
Perih,pedih,lara,luka menjadi persembahan.
Aku tulis sajak ini untuk mengobarkan semangat juang
Mari yang dikampungkampung
Mari yang didesadesa
Mari yang dijembatanjembatan
Mari yang ditrotoartrotoar
Kita diskusikan bersama untuk sebuah pendidikan
Ajarkan filosofi berseragam
Tanamkan kebahagiaan,karena pendidikan wajib yang diterapkan adalah hak mereka
Aku tulis sajak ini dihari pendidikan untuk menanyakan pendidikan wajib yang diterapkan
Bagaimana dengan anak yang didesadesa?
Bagaimana dengan anak yang dikampongkampong?
Bagimana dengan anak yang dijembatanjembatan?
Bagaimana dengan anak yang ditrotoartrotoar?
Ku kasihan melihat mereka tak mengenal bacaan
Aku sedih mendengar mereka membaca presiden menjadi persetan
Aku sedih mendengar mereka membaca pejabat menjadi penjahat
Aku sedih mendengar mereka membaca polisi menjadi polusi
Dan aku sedih saat mereka mengatakan gambar orang pada uang adalah gayus tambunan
Namun jangan jerat mereka pasal, karena pendidikan saja mereka tak punya
Cukup sekian…wallahu a’lam bissowab….
Jakarta. 02 mei 2011





Tidak ada komentar:

Posting Komentar