1 Apr 2014

Am I writer?

Anda seorang penulis?
Bagaimana jika pertanyaan itu di tanyakan kepada kamu, ketika kamu sedang menulis di depan laptop atau bukumu? Entahlah, jika pertanyaan itu di ajukan kepadamu. tetapi, jika pertanyaan itu ditujukan kepadaku, maka dengan lentang aku akan menjawab, "IYA SAYA PENULIS." Waw! Keren bukan? Dan sekarang, masaslahnya adalah, apa yang sedang kamu tulis? apa yang kamu hasilakan dari beberapa tulisanmu?

Tentu, untuk pertanyaan ini aku harus diam beberapa jenak. Dua pertanyaan itu memang sangat gampang dan klis ditelinga kita semua. Namun, dua pertanyaan itu yang akan membawa kita pada dunia kepenulisan sebetulnya. Apakah menulis sekedar menyusun kata menjadi kalimat, dari kalimat menjadi pragraf dari beberapa pragraf menjadi halaman-halaman?

OH! Sungguh ternyata bukan, bukan itu jawabannya.
Setelah merutuki diri beberapa saat, menulis bukanlah sekedar menyusun kata-kata, bukan sekedar memiliki sebuah buku yang nangkring di toko buku, bukan sekedar tanda tangan dibeberapa buku yang di tulis. OMG! lalu selama ini denganku? (kayak udah ada buku yang terbit aje lu! :) ) saat ini aku memang belum punya buku 'solo' tapi suatu saat aku akan memilikinya - WAJIB - ya, itulah cita-citaku tahun ini, ada novel yang sekiranya bermanfaat untuk diri sendiri, teman-teman, para sahabat, keluarga dan khalayak.

Bermanfaat. ya, itulah tujuan dari menulisku, dapat memberikan manfaat bagi sebanyak-banyaknya orang, membuka jendela wawasan baru yang dapat membuat mereka lebih semangat. Dengan dakwah bil qolam ini aku harus bisa membawa orang-orang ke kapal Nuh untuk menjauh dari siksaan.

Ketika aku tidak mampu menulis kitab kuning seperti Fathul Qorib-nya Abu Syuja’ Ahmad bin Husain bin Ahmad Al-Ashfihani yang menjelaskan tentang fiqh, maka dengan novel yang aku tulis dapat menyerapkan beberapa ajaran beliau supaya dapat dipahami dengan pikiran yang enjoy. Kenapa aku memilih novel untuk berdakwah? Jawaban yang paling mendasar adalah karena jaman ini adalah jaman orang-orang yang tidak mau ribet dengan segala halnya, maunya serba instan. Aku rasa dengan novel ini, aku bisa memasukkan nilai-nilai agama dengan penuturan para tokoh di dalamnya agar mereka meresa tidak digurui dan beberapa jam yang kenakan untuk membaca buku lebih bermanfaat lagi.

Yes! that's my dream! what about you?!!!
well, kalian harus memiliki tujuan.

selamat malam, semua berkah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar