8 Apr 2012

Remaja Saat Ini (Harus Berinvestasi)


Oleh: Aa_kaslan

Masih sangat terkesan mendalam dalam diri saya, ketika saya mendatangi sebuah warnet untuk mengeprint sebuah artikel dan mengirimkan sebuah email untuk tugal kuliah. Ruangan warnet itu penuh sesak dengan remaja, mulai dari yang terlihat seperti mahasiswa seperti saya, anak-anak sekolah SMA yang masih dengan seragam abu-abunya sedang asik bercumbu dengan monitor yang memperlihatkan salah satu game online dan sebuah rokok yang terselip di sela-sela jemarinya.
            Rupanya rokok dan game online adalah satu kepaduan yang saat ini menjadi bumbu dalam kehidupan remaja. Main game online tanpa rokok bagaikan sayur tanpa garam, mungkin demikian yang terlintas di benak mereka saat itu, dan sebaliknya. Padahal bagi saya pribadi kedua hal tersebut adalah hal yang membuat kita boros. Boros dengan waktu yang kita miliki jika sekedar untuk bermain game online, boros dengan uang yang kita buat membayar dan membeli batangan rokok yang harganya mulai menanjak naik sejak krismon itu.

ZAT RACUN YANG MEMATIKAN!
            Perlu kita tahu bahwa di dalam satu batang rokok terdapat kurang lebih 4000 elemen-elemen dan 200 diantaranya adalah zat racun yang dapat merusak organisme tubuh kita. Racun yang pertama yang sangat berbahaya untuk orgenisme tubuh kita adalah Tar, Nikotin, dan karbon monoksida serta zat-zat beracun lainnya yang tidak kalah ganasnya dengan tiga elemen tersebut.
a.      Tar adalah senyawa kimia yang berwarna coklat tua yang merupakan substansi hidrokarbon yang sifatnya melekat pada paru-paru. Tar merupakan zat karsinogen yang dapat menyebab kanker.
b.     Nikotin memang bukan merupakan zat karsinogenik namun hasil panas seperti dibensakridin, dibensokarsabol dan nitrosamin-lah yang merupakan senyawa hidrokarbon yang fungsinya kurang lebih sama dengan kokain dan heroin. Nikotin juga memiliki sifat adiktif. Perokok akan mengalami sensasi yang tenang dan akan merasakan ketagihan.
Efek dari nokotin sendiri adalah menyebabkan perangsangan terhadap hormon andrenalin (kathekolamin) yang besifat memacu jantung dan tekanan darah, disini jantung tidak diberikan waktu istirahat dan tekanan darah semakin tinggi yang mengakibatkan hipertensi.
Di sisi lain nikotin yang juga berbahaya adalah merangsang berkelompoknya pembekuan sel darah (trombosit), trombosit akan menggumpal dan akan menyumbat pembuluh darah yang sudah sempit akibat CO dari asap rokok yang kita hisap.
c.       Karobon monosida (CO). Unsur CO dihasilkan oleh pembakaran zat yang tidak sempurna dari zat arang atau karbon. CO yang dihisap oleh perokok aktif lebih sedikit dibandingkan dengan perokok pasif, sehingga unsur inilah yang menyebabkan perokok pasif lebih berbahaya dari perokok aktif.
CO berkemampuan mengikat hemoglobin yang terdapat pada sel darah merah (eritrosit) lebih kuat dari pada O2, alhasil perokok pasif akan lebih sedikit mengirup O2 dan jika hal itu terjadi dengan continyu perokok fasif akan kekurangan O2 (oksigen). Sel tubuh yang kekukarangan oksigen akan berusaha meningkatkan kompensasi pembuluh darah yang akan menyebabkan penciutan atau spasme. Bila proses spasme berlangsung lama dan terus-menerus maka pembuluh sel darah akan mudah rusak akibat penyempitan, dan penyempitan itu akan terjadi dimana-mana. Di otak, jantung, di paru, di peranakan, di ari-ari bagi wanita.
            Dalam kasus peperti ini kita membutuhkan kesadaran diri yang kuat. Intropeksi diri dengan ribuan pertanyaan yang harus kita jawab dengan nurani. Apa untungnya saya merokok dan berbain game online? Bagaimana dengan hidup saya kedepan jika saya terus berboros-boros dengan hal yang tidak berguna seperti ini? Dan bagaimana dengan cita-cita saya yang tinggi? Mempertanyakan diri sendiri seperti ini dapat memaju kita untuk semangat dan meninggalkan hal-hal yang negatif yang hanya mampu membuat sakit dikemudian hari.
            Baca diri kita dengan ribuan fakta yang telah terjadi dengan saudara-saudara kita yang ketagihan rokok dan game online. Pendidikan yang terbengkalai, kesehatan yang dibuang sia-sia.
            Lingkungan dan teman dekat adalah arah penjunjuk untuk kita. Temani lingkungan kita, jadikan lingkungan sebagai rumah kita, setiap kita membeli rokok dan akan merokok. Ingatlah bahwa hidup sehat dimulai dari kita yang mencintai lingkungan yang sehat. Saat kita mau kewarnet untuk bermain game online, ingat bahwa ketenraman sebuah bangsa dimulai dari rakyatnya yang sehat dan mencintainya.
            Hidup sehat adalah rahmat terindah. Bagaimana untuk sehat? Jawabannya adalah dengan cara mencintai organisme tubuh terlebih dahulu. Tubuh yang sehat akan selalu membawa berkah bagi diri sendiri dan orang lain.
 I DON’T LOVE MY LIFE
            Jika kita mencintai hidup kita dan berpaya untuk sukses. Tentu kita akan melakukan hal yang terbaik untuk kita. Dari sinilah kita mempunyai satu jawaban dari dua soal yang bersebelahan. Apakah kamu akan berhenti merokok dan bermain game online hingga lupa waktu? Jika kita menjawab ia, suatu saat kita akan bersyukur karena telah meninggalkan perkara yang merugikan. Tetapi jikalau menjawab tidak, suatu saat kita akan sensara dan bertanya kepada diri sendiri, “kenapa dulu aku boros?”. Apakah kamu mencintai hidupmu? Jawabannya ada pada diri kita masing-masing.***


           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar